Memilih pejantan ayam kampung yang benar


Ciri-ciri Induk Pejantan Ayam Kampung Unggul
1. Bentuk Fisik Ayam
a. Badan
Sudah pasti badan atau tubuh ayam besar, tegap, dan kekar menjadi pilihan untuk dikembangkan. Dengan alasan tubuh besar mampu menghasilkan daging yang besar pula.
b. Kaki
Kaki biasanya dipilih yakni berwarna kuning, kekar, dan sisiknya rapi. Dengan alasan tulang badan juga besar dan kaki kuning lebih diminati ketimbang kaki putih atau hitam. Banyak orang percaya bahwa kaki kuning akan menimbulkan kaldu bila dimasak seperti soto, sup dan lain sebagainya.
c. Bulu
Bulu sering dijadikan sarana daya tarik ketika masih hidup. Bentuk bulu pun diusahakan cari dengan warna dasar yakni hitam. Ada kalanya warna bulu juga menjadi petimbangan dengan alasan warna bulu tertentu memiliki kualitas genetik bagus ketimbang warna lain. Kami lebih memilih warna hitam seperti wiring kuning sebagai andalan dengan alasan masih menjadi incaran bila mencari induk pejantan. Anda dapat melihat berbagai jenis bulu pada artikel kami sebelumnya pada macam-macam bulu ayam kampung. Selain warna bulu bentuk bulu tersusun rapi mencirikan ayam tersebut sehat.
2. Tingkah Laku Laku
3. Umur Ayam
4. Jenis Kelamin Ayam
5. Primbon Jawa Tentang Ayam Kampung
Menurut budaya Jawa, kita dapat memilih induk ayam dengan berdasarkan primbon. Seperti apa pemilihan induk lewat primbon? Lihat di kejayaan ayam menurut warna kaki
6. Keturunan Ayam Unggul
7. Produktifitas Induk Ayam 
8. Tahan Penyakit

contoh induk pejantan kampung unggul


Tips memilih induk pejantan unggul adalah sebagai berikut :
1. Jelas memilih ayam yang sehat. Ciri ayam sehat lihat di tanda ayam kampung yang sehat
2. Memiliki taji, atau jalu serta lanjur (bulu memanjang di ekor) 
3. Warna lebih cerah dimaksudkan lebih cepat terjadi pembuahan
4. Sudah berkokok
5. Paruh pendek mencirikan ayam tumbuh dengan cepat dan besar
6. Dari tingkah laku pilih yang lebih aktif

Comments