Pakan Untuk Ayam Kampung

Pakan ternak untuk ayam kampung menjadi salah satu penentu keberhasilan suatu usaha ternak ayam kampung. Karena pakan mempunyai peranan yang sangat penting untuk menghasilkan ayam yang berkualitas, jika pakan tidak maksimal dalam pemberian maupun kualitas, maka hasil ternak juga kurang optimal. Pakan yang baik untuk ternak ayam kampung belum tentu yang mahal harganya. Berikut ini kita sampaikan beberapa tips memberikan ramuan pakan untuk ayam kampung.
Tips agar ayam kampung sehat dan kuat berikut tipsnya :

  1. Bahan utama dari pakan berkualitas untuk ayam Kampung adalah katul gabah, kalo di Jogja juga disebut dedak. Katul ini mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Bahan ini berfungsi sebagai sumber energi. Pilih katul yang paling halus. Ini dihasilkan dari 'kulit ari' gabah yang digiling menjadi beras. Jangan pilih katul atau dedak yang kasar, sebab kemungkinan besar ayam tidak mau makan.
  2. Bahan pelengkap pertama adalah katul jagung yang super lembut. Ini juga mengandung karbohidrat, namun fungsi disini adalah sebagai bahan pelembut pakan.
  3. Bahan pelengkap kedua adalah BR kualitas 1. Bahan ini sudah mengandung banyak mineral dan protein yang cukup dibutuhkan ayam kampung.
  4. Bahan pelengkap ketiga adalah konsentrat ayam petelur. Mengapa? karena konsentrat ini mengandung protein yang sangat tinggi. Berfungsi sebagai sumber protein untuk ayam kampung.
  5. Terakhir, adalah nasi. Nasi digunakan untuk mengirit pakan dan membuat ayam lebih cepat kenyang.

Perbandingan 1 kg katul gabah : 0,25 kg katul jagung : 0,25 kg BR : 0,25 kg konsentrat.
Demikian penuturan dari kami semoga bermanfaat, salam sukses.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ayam kampung dengan judul Pakan Untuk Ayam Kampung. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Ayam Bangkok Joker Farm
Ditulis oleh: Klik Kanan - Friday, May 24, 2013
Comments
0 Comments

Belum ada komentar untuk "Pakan Untuk Ayam Kampung"

Post a Comment